Pages

Selasa, 17 Mei 2011

Peranan Komunikasi Orang Tua Dengan Anak dalam Meningkatkan Prestasi Belajar

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penulisan

Kegiatan belajar mengajar adalah inti kegiatan dalam pendidikan, karena apa yang telah
diprogramkan dalam pendidikan akan dilaksanakan dalam proses belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar akan melibatkan berbagai komponen pengajaran, yang turut meberikan konstribusi dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pada sisi lain komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan dari sumber kepada penerima melalui saluran atau media dengan tujuan agar terjadi perubahan terhadap diri orang menerima pesan tersebut. Komunikasi sebagai suatu proses tersendiri atas komponen-komponen yakni komunikator, pesan, saluran, komunikasi dan efek/pengaruh. Selain komponen tersebut, komponen lain yang turut menentukan berhasil tidaknya suatu komunikasi yaitu tanggapan balik lingkungan dan gangguan yang saling terkait satu dengan yang lainnya. 

Penjelasan yang dikemukakan di atas berlaku pula dalam pembelajaran, yang komunikasinya disebut komunikasi pembelajaran, baik dalam bentuk antar personal maupun dalam bentuk interpersonal. Komunikasi yang berlangsung secara interpersonal tampak pada kejadian berfikir, mengingat, mempersepsi. Sedangkan komunikasi yang berlangsung secara antar personal bisa terjadi dalam doalog atau diskusi tanya jawab yang terjadi antara komunikator dan komunikan (pembelajaran dan pembelajar).

Proses komunikasi dibuat secara wajar, akrab, dan terbuka dengan ditunjang oleh faktor-faktor penunjang lainnya, baik sarana, maupun fasilitas-fasilitas yang ada dengan tujuan supaya mempunyai efek perubahan perilaku pada pihak sasaran. Proses perubahan perilaku bukanlah hak yang sederhana, karena di dalamnya terlibat semua komponen yang saling berkaitan, seperti kondisi komunikator, kondisi sasaran, kondisi saluran yang digunakan, disamping situasi dan lingkungan pembelajaran turut mempengaruhi proses komunikasi pembelajaran.

Pembelajaran harus mampu menciptakan iklim komunikasi yang komunikatif, di mana pembelajar dan pebelajar secara aktif di dalamnya baik secara verbal maupun non verbal dengan menggunakan media atau saluran yang tersedia, untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Selain guru, pihak keluarga terutama orang tua juga sangat besar peranannya dalam upaya meningkatkan prestasi belajar anak. Pihak orang tua anak lebih proaktif mencari solusi untuk meningkatkan prestasi belajar anak-anaknya, termasuk dalam hal ini adalah senantiasa berkomunikasi antar pribadi dengan anak mengenai pembelajarannya.


1.2 Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas, masalh pokok yang kami bahas dalam makalah ini adalah :
1.      Apa saja peranan komunukasi orang tua dengan anak dalam meningkatkan prestasi belajar ?
2.      Apa materi yang dibutuhkan anak untuk meningkatkan prestasi dalam berkomunikasi dengan orang tua ?
3.      Apakah efektifitas peranan komunikasi orang tua dalam meningkatkan prestasi anak ?
4.      Apa Pengertian prestasi belajar ?
5.      Factor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar ?
6.      Apa pengertian komunikasi ?

1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Mengetahui peranan komunikasi oarang tua dengan anak dalam meningkatakan prestasi belajar.
2.      Memberikan informasi tentang materi komunkasi apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi belajar anak.
3.      Mengetahui efektifitas peranan komunikasi orang tua dalam maningkatkan prestasi belajar anak.
4.      Memberikan informasi tentang pengertian prestasi belajar dan komunikasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

About